SYARAT DAN KETENTUAN

Hai, Selamat datang di aplikasi Cares.ID
Cares.ID merupakan aplikasi perangkat lunak, yang Cares.ID sediakan untuk memudahkan Pengguna melakukan proses pendaftaran Medical Check Up secara digital, hanya dengan menggunakan mobile phone anda sudah bisa terkoneksi dengan Mitra-mitra Medis yang professional, terpercaya dan modern.
BACALAH SYARAT DAN KETENTUAN ini secara cermat dan teliti, Cares adalah sebuah brand platform kesehatan digital selanjutnya disebut “Cares.ID” dengan menggunakan, mengunduh dan memasang aplikasi perangkat lunak termasuk tetapi tidak terbatas menggunakan jasa Layanan yang tersedia didalam platform Cares.ID, maka Pengguna dianggap telah memahami dan menyetujui isi dari Syarat Dan Ketentuan sebagaimana yang ditetapkan oleh Cares.ID. Dengan menyetujui Syarat Dan Ketentuan penggunaan jasa pemesanan Layanan ini, Pengguna juga menyetujui ketentuan penggunaan tambahan, kebijakan Privasi, Disclaimer termasuk ketentuan penggunaan pada setiap jasa pemesanan Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ketentuan penggunaan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan, Ketentuan Penggunaan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Ketentuan Penggunaan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Ketentuan Penggunaan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Penggunaan. Dari waktu ke waktu apabila diperlukan Cares.ID berhak untuk melakukan perubahan dan penyesuian Syarat Dan Ketentuan, Ketentuan Penggunaan yang berlaku, oleh karena itu Cares.ID menyarankan kepada Pengguna untuk senantiasa secara berkala membaca dan memahami Syarat Dan Ketentuan ini agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penafsiran peraturan dan ketentuan yang berlaku.
Apabila Pengguna tidak menyetujui isi dari Syarat Dan Ketentuan ini, maka Pengguna dapat menghapus dan/atau tidak menggunakan aplikasi perangkat lunak termasuk tidak mengakses penyediaan jasa Layanan yang tersedia didalam platform Cares.ID.
SYARAT DAN KETENTUAN INI MERUPAKAN DOKUMEN YANG DIANGGAP SEBAGAI SUATU PERJANJIAN YANG SAH SECARA HUKUM DAN MENGIKAT PENGGUNA DENGAN CARES.ID BESERTA REKANAN DAN/ATAU AFFILIASI CARES.ID YANG TERGABUNG DALAM PENYEDIAAN JASA LAYANAN CARES.ID.

A. DEFINISI.
Istilah-istilah dengan menggunakan huruf besar, sebagaimana disebutkan dibawah ini, memiliki makna sebagaimana diberikan pada istilah-istilah tersebut dibawah ini, kecuali bila konteksnya secara jelas menyatakan lain:
1. “Data” berarti setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang didapatkan dari waktu ke waktu yang Pengguna ataupun Mitra (input/upload) saat menggunakan platform Cares.ID.
2. “Platform” adalah aplikasi web base, dimana penyediaan atas Layanan hanya dapat diakses melalui Situs Web.
3. “Help Desk” adalah operator yang dipersiapkan oleh Cares.ID untuk menindaklanjuti setiap pengaduan dan keluhan dari Pengguna ataupu Mitra terkait permasalahan yang timbul dari penggunaan atas jasa Layanan platform yang digunakan.
4. “Kode Akses” berarti kode yang diberikan oleh Cares.ID kepada Pengguna ataupun Mitra untuk mengakses jasa Layanan yang tersedia didalam platform, Kode Akses berupa “Username” dan “Password”.
5. “Pengguna” adalah individu yang cakap hukum atau badan hukum lainnya yang didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
6. “Mitra” adalah dokter, klinik, rumah sakit, apotek, klinik laboratorium termasuk instansi kesehatan pemerintah maupun swasta yang memiliki izin klinis sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
7. “Jadwal Praktek” adalah jadwal tetap yang telah di informasikan oleh Mitra.
8. “Situs Web” adalah situs internet milik dan dikelola oleh Cares.ID yakni www.cares.id dan domain-domain lain yang terkait dalam system Cares.id.
9. “Layanan” yakni sebagaimana yang dimaksud dalam ketentuan ___ Syarat Dan Ketentuan ini.

B. KETENTUAN UMUM.
1. Cares.ID merupakan platform digital yang menghubungkan Pengguna dengan Mitra, dimana Pengguna setuju untuk menggunakan jasa Layanan yang disediakan dengan proses pendaftaran dan pembayaran secara digital.
2. Dengan memiliki akun yang terdaftar didalam Platform, Pengguna dapat mengakses dan memilih jasa Layanan secara terperinci sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Cares.ID hanya memfasilitasi Pengguna untuk menemukan jasa Layanan yang sepenuhnya disediakan oleh pihak Mitra.
3. Jasa Layanan sebagaimana yang telah dipilih oleh Pengguna akan terkoneksi dengan Mitra, dan akan dikonfirmasi melalui email ataupun media komunikasi lain yang Pengguna daftarkan setelah proses pendaftaran dan pembayaran selesai dilaksanakan.
4. Sangat memungkinkan apabila pada saat kunjungan atau waktu pengunaan jasa Layanan yang telah terkonfirmasi, Pengguna menghadapi kenyataan berkurangnya persediaan obat dan/atau alat kesehatan yang akan digunakan termasuk tetapi tidak terbatas pada kedatangan Dokter yang tidak sesuai dengan Jadwal Praktek yang diberikan oleh Mitra, dan olehkarenanya Cares.ID tetap menyarankan agar Pengguna tetap melakukan koordinasi secara langsung dengan Mitra yang dipilih sebelum waktu pelaksanaan jasa Layanan yang akan digunakan.
5. Dengan mengetahui bahwa Cares.ID merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan bukan perusahaan penyedia layanan kesehatan, termasuk tetapi tidak terbatas pada penyedia tenaga kesehatan, yang Cares.ID lakukan adalah menyediakan platform untuk menyelesaikan proses pendaftaran dan pembayaran secara digital dalam penggunaan jasa Layanan yang disediakan oleh Mitra, dan olehkarenanya Pengguna memiliki kebebasan penuh untuk tidak memilih menggunakan platform Cares.ID termasuk berhenti menggunakan jasa Layanan yang ada.
6. Data-data yang dimasukkan ke dalam system layanan Cares.id adalah merupakan tanggung jawab penuh dari pemilik data yakni dari masing-masing Pengguna dan Mitra sesuai pada kapasitas tanggung-jawab masing-masing sebagai pengguna dan penyedia jasa medis mengenai keutuhan, keabsahan dan penggunaan data yang diberikan dan Cares.id hanya merupakan fasilitator system.

C. PENDAFTARAN DAN AKSESTABILITAS PLATFORM
1. Bahwa sebelum menggunakan jasa Layanan yang tersedia didalam platform Cares.ID, Pengguna wajib melakukan pendaftaran atas Kode Akses, dimana pendaftaran tersebut membutuhkan informasi atas Data sesuai dengan persayatan dan ketentuan yang berlaku.
2. Pengguna menyatakan bahwa pemberian informasi atas Data yang tercantum didalam Platform Cares.ID merupakan informasi yang sebenar-benarnya dan kebenaran valid yang bisa dibuktikan dengan dokumen legalitas yang ada (apabila diperlukan).
3. Pengguna dipersayaratkan adalah subjek hukum yang sah, dimana apabila pengguna adalah indvidu maka merupakan individu yang cakap hukum dan apabila pengguna merupakan Badan Hukum harus memiliki perizinan yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
4. Kode Akses yang diberikan merupakan hal yang bersifat sangat rahasia sehingga, Pengguna dilarang untuk mengalihkan, menginformasikan dan atau memberitahukan kepada Pihak Ketiga lainnya yang bukan merupakan Pihak Yang Ditunjuk oleh Pengguna, Cares.ID maupun affliasinya tidak pernah meminta Kode Akses Pengguna, dan penggunaan atas Kode Akses tersebut akan dianggap sebagai satu hal yang bersifat subjektif yakni hanya menerangkan digunakan oleh Pengguna untuk mengakses Platform yang disediakan, dan bersama dengan aksestabilitas tersebut maka segala kewajiban yang timbul termasuk konsekuensi hukum yang melekat didalamnya merupakan tanggung jawab sepenuhnya Pihak Pengguna.
5. Apabila Pengguna mengetahui aktivitas atas Kode Akses yang Pengguna miliki namun bukan dilakukan oleh Pengguna, maka secepatnya Pengguna melaporkan aktivitas tersebut ke Cares.ID sesuai dengan korespondensi yang tercantum dalam Syarat Dan Ketentuan ini.
6. Kode Akses yang digunakan oleh Pengguna dapat mendaftarkan pihak lain untuk menggunakan jasa Layanan yang terdapat didalam Platform yakni dengan sistem tiketing yang tersedia pada jasa Layanan yang akan digunakan dengan tetap mengikuti persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
7. Pengguna memahami dan mematuhi bahwa aksestabilitas atas Platform yang disediakan oleh Cares.ID hanya dikhususkan untuk menggunakan jasa Layanan yang tersedia, aktivitas lain yang dilakukan termasuk menyebarkan virus, spam, sebagai back door pengambilan informasi Data, atau tindakan lain yang sejenis yang dapat mengakibatkan kerusakan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap Platform, termasuk tetapi tidak terbatas tindakan yang dapat menyebabkan kerugian baik di Pihak Mitra maupun Pihak pengguna lainnya, tindakan lainnya berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku maka Pengguna bersedia diproses secara lebih lanjut sesuai dengan hukum ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.
8. Pada saat Pengguna mengakses Platform yang disediakan oleh Cares.ID, sangat memungkinkan Pengguna menemukan informasi dan/atau artikel mengenai kesehatan dan/atau informasi medis lainnya, dan Pengguna memahami bahwa informasi dan/atau artikel tersebut hanya merupakan konten atau informasi umum, bukan merupakan saran atau opini yang dijadikan sebagai rujukan, olehkarenanya Pengguna tetap harus berkonsultasi dengan tenaga ahli kesehatan yang ditunjuk.
D. LAYANAN
E. INFORMASI PRIBADI DAN HASIL KLINIS
1. Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian informasi pribadi Pengguna, seperti nama, alamat surat elektronik, dan nomor telepon genggam Pengguna yang Pengguna berikan ketika Pengguna mendaftarkan Akun tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
2. Hasil klinis bukan merupakan hasil final kecuali ditetapkan demikian oleh penanggung jawab medis Mitra dan masih mungkin membutuhkan observasi dan mekanisme lebih lanjut.
F. BIAYA DAN PEMBAYARAN
1. Platform yang Cares.ID sediakan dapat menerima pembayaran yang terkoneksi secara resmi dengan Mitra berdasarkan kerjasama yang telah ditandatangani kedua belah pihak, sehingga pembayaran atas jasa Layanan yang dipilih oleh Pengguna merupakan system pembayaran yang diakui oleh Pihak MITRA.
2. Pengguna memahami bahwa informasi atas biaya-biaya yang ditampilkan pada Platform termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya atas jasa Layanan Mitra dapat mengalami perubahan, dan Cares.ID memastikan bahwa informasi biaya yang tercantum merupakan daftar harga terkini
3. Biaya-biaya atas jasa Layanan Mitra yang tercantum didalam Platform, apabila diperlukan akan dikenakan Pajak yang berlaku, dimana pembebanan atas Pajak ini mengikuti peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.
4. Cares.ID bekerjasama dengan Pihak Ketiga terkait penyediaan teknologi metode pembayaran (Payment Gateway), dimana memudahkan transaksi secara elektronik dengan berbagai kebebasan pilihan pembayaran yang telah tersedia.
5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa meskipun transaksi pembayaran atas jasa Layanan telah dinyatakan berhasil, namun Pengguna tidak dapat melakukan tindakan dan/atau pemeriksaan di hari yang telah ditentukan, maka perlu dicermati bahwa hal tersebut bukan terjadi semata-mata karena kurangnya koordinasi antara pihak Cares.ID dengan MITRA, melainkan ketidakhadiran dan/atau perubahan Jadwal Praktek yang sepenuhnya bukan merupakan kewenangan/kebijakan Cares.ID untuk memastikan ketidakhadiran dan/atau perubahan tersebut.
6. Cares.ID akan membantu menginformasikan Pengguna namun bukan merupakan bentuk kewajiban, apabila terjadi perubahan Jadwal Praktek sebagaimana jasa Layanan yang telah dipilih oleh Pengguna.
7. Pengguna akan melakukan pembayaran atas setiap biaya-biaya yang tercantum dalam penggunaan atas jasa Layanan yang dipilih yakni:
Nama : Bank BCA
Alamat : Plaza Sentral, Sudirman
Nomor Rekening : 4411207786
Nama Rekening : Jeffrey Handoko Adisurya
8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Cares.ID dan Payment Gateway sebagaimana yang dimaksud pada ayat 4 diatas akan memiliki akses ke preferensi metode pembayaran dan detail alamat penagihan Pengguna, pada saat Pengguna melakukan pembayaran. Cares.ID tidak bertanggung jawab atas pelanggaran privasi atau keamanan apa pun yang timbul akibat atau terkait proses pembayaran apa pun oleh penyedia Payment Gateway.
G. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
1. Platform yang disediakan oleh Cares.ID adalah sepenuhnya kekayaan intelektual milik Cares.ID, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama logo, kode program, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis termasuk tetapi tidak terbatas kekayaan intelektual lainnya yang terkandung didalam Platform Cares.ID.
2. Kekayaan intelektual terkait dengan konten dan/atau informasi dalam bentuk lainnya (apabila ada) merupakan kekayaan intelektual yang Cares.ID dapat gunakan berdasarkan pemberian lisensi dan/atau bentuk konfirmasi lainnya dari pemilik atau pemegang lisensi.
3. Pengguna memahami dan mematuhi bahwa penggunaan kekayaan intelektual yang didapatkan tanpa suatu persetujuan adalah tindakan perbuatan melawan hukum, termasuk tindakan menduplikasi, menyalin, memperbanyak, dan/atau tindakan lainnya yang diatur berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku.
4. Tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Cares.ID memberikan lisensi kepada Pengguna secara terbatas dan tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan untuk melakukan kegiatan: (i) mengunduh, mengakses, menggunakan Platform sebagaimana fungsi dan tujuannya, dan (ii) mengakses atau menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Platform hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk sesuatu yang bersifat komersial.
5. Pengguna memberikan Cares.ID lisensi noneksklusif untuk menggunakan materi atau informasi Data yang Pengguna kirimkan melalui Platform dan/atau berikan kepada Cares.ID, termasuk tetapi tidak terbatas pada pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran. Saat mempublikasikan komentar atau ulasan di Platform, Pengguna juga memberikan Cares.ID hak untuk menggunakan nama yang dikirimkan atau nama pengguna Pengguna sehubungan dengan ulasan, komentar, dan konten lain. Pengguna tidak boleh menggunakan alamat email palsu, berpura-pura menjadi orang lain selain diri sendiri, atau menyesatkan Cares.ID atau pihak ketiga mengenai asal-usul kiriman apa pun yang Pengguna berikan. Cares.ID dapat mempublikasikan, menghapus, atau mengedit kiriman Pengguna sesuai kebijaksanaan tunggal Cares.ID.
H. PENYELESAIAN MASALAH
1. Apabila Pengguna mengalami gangguan system, mengetahui atau menduga bahwa Kode Akses telah diretas, disalahgunakan oleh Pihak Ketiga lainnya, maka tindakan yang wajib Pengguna lakukan adalah segera melaporkan kepada Cares.ID sehingga Cares.ID dapat segera mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk menghindari atau menghentikan aktivitas penyalahgunaan tersebut.
2. Dengan mengetahui bahwa Cares.ID bekerjasama dengan Pihak Payment Gateway, namun Cares.ID tetap berusaha membantu Pengguna untuk menyelesaikan permasalahan pembayaran yang sedang dialami, dimana Cares.ID akan bersikap koordinatif dan menjembatani antara Pengguna dengan Pihak Payment Gateway untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
3. Sepanjang jasa Layanan yang telah dipilih oleh Pengguna tidak digunakan karena sebab dan alasan- yang jelas, maka proses refund dapat dilakukan, dan menjadi catatan bersama bahwa proses refund ini membutuhkan waktu yang tidak singkat yang lamanya bias vervariasi karena factor eksternal pihak Mitra dan Payment Gateway sehingga perlu bantuan Pengguna untuk tetap bersikap kooperatif.
4. Pembayaran atas biaya refund sebagaimana yang dimaksud pada ayat 3 diatas dapat dilakukan dengan batasan-batasan yang telah ditentukan sebelumnya termasuk setelah dikurangi dengan biaya-biaya administrasi apabila ada.
5. Untuk menanggapi setiap laporan dan/atau keluhan termasuk permintaan refund yang Pengguna sampaikan, Cares.ID akan melakukan verifikasi terlebih dahulu termasuk berkoordinasi dengan Pihak Mitra maupun Payment Gateway yang ditunjuk.
6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Cares.ID dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan yang disampaikan, apabila informasi ataupun keterangan yang Pengguna sampaikan tidak cocok dengan informasi Data yang terdapat didalam system Cares.ID. Cares.ID dapat memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan yang Pengguna sampaikan, dengan kebijakan Cares.ID sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan yang Pengguna sampaikan tidak didukung oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai. Cares.ID juga dapat meneruskan Laporan Pengguna kepada Mitra maupun Pihak Payment Gateway.
I. PENGHENTIAN ATAU PENGAKHIRAN
1. Pengguna tidak berkewajiban untuk menggunakan Platform dan/atau jasa Layanan dan dapat memilih untuk berhenti menggunakannya kapan pun dengan membatalkan akun Pengguna dan berhenti mengakses Platform, sehingga menonaktifkan penggunaan Pengguna atas jasa Layanan.
2. Cares.ID berhak untuk segera menangguhkan, membatasi, atau menghentikan penggunaan Pengguna atas Platform dan/atau Layanan jika Cares.ID menduga Pengguna telah melanggar ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau hukum dan peraturan yang berlaku.
3. Cares.ID dan semua Pelanggan setuju untuk mengabaikan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sejauh yang dibutuhkan oleh keputusan atau persetujuan pengadilan untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
J. KORESPONDENSI
1. Setiap surat menyurat atau pemberitahuan dan/atau permintaan yang wajib dan perlu dilakukan oleh masing-masing Pihak dalam pelaksanaan Perjanjian ini harus dibuat secara tertulis dan diserahkan langsung, atau dikirimkan melalui pos tercatat atau melalui faksimili atau email dengan alamat sebagai berikut:
2. Nama : Cares.id
Alamat :Jl. Cipete VIII No.97, Cipete Selatan , Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12410 
U.P : Anthony Gunawan/ Jeffrey Adisurya
No. Hp :081312347189/ 08111887397
Email : [email protected]
3. Setiap pemberitahuan, dan atau komunikasi ke alamat atau nomor faksimili tersebut di atas, dianggap telah diterima atau disampaikan.
4. Pada hari yang sama apabila diserahkan langsung dan dibuktikan dengan tanda-tangan penerimaan pada buku pengantar surat (ekspedisi) atau tanda-terima lain yang diterbitkan oleh pengirim
5. Pada hari ke-tiga (3), apabila dikirim per pos dan dibuktikan dengan resi pengiriman pos tercatat.
6. Pada hari yang sama, apabila dikirim via faksimili atau email dengan hasil yang baik
K. PENUTUP
1. Pengabaian atau pelepasan atau kegagalan untuk menuntut pelanggaran dari ketentuan mana pun dari Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan hak apa pun yang ditentukan oleh Syarat dan Ketentuan ini atau hukum yang berlaku, tidak akan dianggap menandakan pengabaian perihal pelanggaran selanjutnya atas ketentuan mana pun di sini.
2. Jika ketentuan apa pun di bawah Syarat dan Ketentuan ini dianggap ilegal, tidak valid, atau tidak dapat dilaksanakan, secara keseluruhan atau sebagian, di bawah pemberlakuan atau peraturan hukum, ketentuan atau bagian dari ketentuan tersebut, sejauh itu, dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, tetapi kelegalan, keabsahan, dan kemampuan pelaksanaan dari sisa Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.
3. Perselisihan atau tuntutan apa pun akibat atau terkait Syarat dan Ketentuan ini atau perihal materi, keberadaan, negosiasi, interpretasi, keabsahan, penghentian, atau kemampuan pelaksanaannya (termasuk perselisihan atau tuntutan nonkontrak apa pun) (“Perselisihan”) akan dirujuk ke dan akhirnya ditentukan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat.
4. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dari waktu ke waktu. Perubahan apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan dipublikasikan di Platform. Penggunaan Platform secara berkelanjutan menandakan persetujuan dan penerimaan Pengguna terhadap perubahan tersebut.


< Kembali ke Home Page CARES.ID